Judul

Rabu, 22 September 2010

Ikut Trend Atau Menciptkan Trend?


Dalam bisnis internet, trend merupakan salah satu indikator penting untuk melihat apakah suatu niche atau ceruk pasar bagus untuk kita ‘garap’. Nah, saya bukan mau membahas soal hubungan trend dan bisnis internet. Tetapi saya mau membahas mengenai hubungan trend dengan blog.
Kita coba lihat dari pengalaman saya dan mungkin juga Anda yang membaca artikel ini ketika baru pertama mencoba membuat blog. Pertanyaan yang biasanya timbul adalah, ” saya mau nulis apa ya?” :) Pernah mengalami hal yang sama? ;) Saya pun pernah mengalami ketika pertama kali terjun di dunia blog.
Pertanyaan yang sama kembali saya dapatkan ketika beberapa hari yang lalu ada seorang kenalan saya yang ingin membuat blog. Karena dia lihat banyak teman-temannya yang punya blog, dia tertarik juga untuk membuat blog sebagai sarana berbagi kepada pembaca blognya nantinya. Setelah diskusi dan sedikit saya berikan penjelasan soal blog, sahabat saya itu akhirnya dengan tekad bulat dan semangat yang tinggi berniat membuat sebuah blog.
Source 
http://www.kaushik.net/avinash/wp-content/uploads/2008/04/kpi-trend.jpgTernyata sehari setelah percakapan itu dia kembali menghubungi saya dan menanyakan hal yang membuat saya tidak heran mendengarnya, “bro.. enaknya aku nulis tentang apa nih?!” saya sempat tersenyum sebentar mendengarnya :) Akhirnya saya kembali mendengar pertanyaan itu.. hehe.. Dan kemudian saya bertanya, “kamu maunya nulis tentang apa?”. Setelah berpikir sejenak dia menjawab, “gimana kalau soal bisnis internet? kan sekarang lagi trend tuh blog yang bahas soal bisnis internet!”
Dari pertanyaan sahabat saya itu akhirnya timbul ide untuk membuat tulisan ini. Jadi begini pembaca sekalian, ketika pertama kali ingin terjun di dunia blog biasanya kita akan menemukan 2 pilihan saat akan menentukan tema blog : mengikuti trend yang ada (seperti pilihan sahabat saya) atau kita menciptakan trend sendiri (baca : topik sendiri).
Belajar dari pengalaman baiknya kita membuat trend sendiri atau membuat topik sendiri. Yang tentunya sesuai dengan kapasitas kita. Jangan pernah mengikuti sebuah trend yang kita pun tidak mempunyai kemampuan di bidang tersebut. Misalnya topik yang lagi hangat soal mencari uang di internet, sedangkan kita tidak menguasai cara mencari uang di internet :)
Baiknya ketika menentukan topik blog yang akan kita bangun, tentukan topik berdasarkan :
  • Minat,
  • Hobi,
  • Kemampuan,
  • Bakat.
Misal Anda mempunyai hobi memelihara ikan cupang, Anda bisa membahas tips dan cara merawat ikan cupang yang baik. Atau jika Anda mempunyai kemampuan dibidang merakit komputer, Anda bisa membahas tips dan langkah-langakah merakit komputer beserta tips memilih komponen yang baik untuk dirakit. Dan masih banyak lagi, sesuaikan dengan hobi, minat, atau kemampuan Anda :)
Jadi jangan nyemplung ke dalam trend atau topik yang lagi hangat sedangkan Anda sendiri tidak punya minat atau kemampuan di bidang tersebut.  Tetapi buatlah sebuah blog sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, jangan berpikir tidak akan ada yang mengunjungi blog Anda. Yakinlah, banyak orang yang mempunyai hobi yang sama dengan Anda :)
Jadilah diri sendiri saat menentukan topik atau tema blog, jangan hanya melihat topik yang sedang hangat yang Anda pun tidak memiliki bakat di bidang tersebut :)
Sumber gambar : http://www.kaushik.net/avinash/wp-content/uploads/2008/04/kpi-trend.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar